Terracotta army dan sejarah nya


Jika anda pernah menonton The mummy : Tomb of The Dragon Emperor,anda pasti tahu tentang gambar diatas kan,?
antagonis di film ini diceritakan telah dikutuk menjadi batu beserta seluruh prajurit nya oleh seorang penyihir.
tahukah anda bahwa para prajurit tersebut terinspirasi dari
patung yang benar-benar ada di diChina,?


TERRACOTTA ARMY

         
 
            Terracotta,dalam bahasa Itali berarti "tanah bakar ".Kata ini berasal dari bahasa latin terra cocta.Terracotta adalah istilah yang biasa digunakan untuk benda yang dibuat dengan menggunakan tanah liat yang kemudian dibakar ditempat pembakaran untuk mengeraskannya.
Sama seperti istilah nya,Terracotta army adalah kumpulan patung yang berbentuk seperti pasukan tentara yang terbuat dari tanah liat dan terkubur di monumen makam kaisar pertama China,Qin Shi Huangdi dengan maksud untuk menjaga sang kaisar di alam baka.
Sebelum kita membahas tentang pasukan terakota lebih jauh lagi,ada baik nya kita mengenal sedikit tentang tokoh yang memerintahkan pembuatan patung ini.

 

Sedikit tentang Qin Shi Huangdi

   
           Ialah Qin Shi Huangdi,lahir dengan nama Ying Zheng (juga sering dipanggil zhao zheng) ditahun 259 SM.Nama Ying berasal dari nama leluhurnya dan Zheng merupakan nama aslinya sedangkan Zhao adalah nama ibunya,yang dimasa itu nama ibu bisa dijadikan sebagai nama klan.
Ayahnya adalah raja Zhuangxian yang memimpin daerah bagian Qin di abad ke 3 SM,dan ibu nya,Zhao,lebih dikenal dengan nama The Queen of Dowagger Zhao.
 Raja Zhuangxian hanya memerintah selama 3 tahun dan meninggal di usia yang ke 35.
Sepeninggal ayah nya,Ying Zheng dinobatkan sebagai pewaris tahta yang sah diusia nya yang ke 13 ditahun 247 SM.
Kepemimpinan nya lalu diambil alih oleh penasehat sebelumnya,Lu Buwei,dikarenakan usia nya yang masih begitu muda.
Sembilan tahun kemudian,Ying mengambil alih kekuasaan penuh setelah Lu Buwei di usir dari kerajaan karena keterlibatan nya dengan janda raja sebelumnya The Queen of Dowagger Zhao,ibu Ying Zheng.

Potret Qin Shi Huang


 Masa kepemerintahan nya berlangsung selama 37 tahun.Selama periode itu,Ying berhasil menyatukan 6 negara lainnya dan memberi gelar diri nya " The First emperor of Qin "  atau Kaisar pertama Qin,yang dalam bahasa chinanya adalah Qin Shi Huangdi.
  Qin Shi Huangdi meninggal di tahun 210 SM di usia 50 tahun.Selama masa hidup nya,kaisar pertama telah melakukan pencapaian yang luar biasa,yang nantinya akan menjadi peninggalan paling bersejarah dinegara China.Diantara peninggalannya itu adalah :

1.Gagasan persatuan china.
       Meskipun wilayah nya tidak sebesar China sekarang,namun tetap saja Qin Shi Huangdi merupakan orang pertama yang berhasil menyatukan China untuk pertama kalinya  yang waktu itu terbagi dari beberapa kerajaan yang saling berperang.Konsep persatuan Qin inilah yang dijadikan dasar bagi ide-ide penyatuan kerajaan oleh penguasa-penguasa sesudahnya.Bahkan kata qin (chin) menjadi dasar penyebutan kata China.


2.Kanal Lingqu
Lingqu canal (sumber gambar : Chinesetimeschool )

     Seperti kutipan terkenal china selatan
           
           " Di utara ada tembok besar,di selatan ada kanal Lingqu "

Dimasa kepemerintahannya,selain meneruskan pembangunan tembok besar yang telah dibangun dari era raja-raja terdahulu,Qin Shi Huangdi juga membangun kanal lingqu.Ia memulai Proyek ini 4 tahun sebelum kematian nya yaitu di tahun 214 SM.Kanal ini memungkin kan transportasi air antara china utara dan china selatan sehingga mengangkut persediaan untuk para tentara menjadi lebih mudah.
Pembangunan ini di anggap sebagai salah satu dari prestasi besar tekhnik pembangunan China kuno selain tembok besar China.

3.Mausoleum ( Bangunan makam yang megah )
Kompleks Mausoleum Kaisar pertama



Di cerita kan,Kaisar pertama sangat percaya dengan hal hal yang berbau takhayul.Tahun 246 SM,setahun setelah ia naik tahta,Qin Shi Huang memerintahkan 700.000 tukang untuk membangun makam nya sendiri.Makam ini benar-benar megah dan mewah yang Menurut Guo Zhikun,seorang spesialis dalam sejarah dinasti Qin dan Han,makam ini terdiri dari dua bagian yaitu gundukan,sebuah bukit tempat monumen makam berada dan istana bawah tanah,tempat dimana peti mati sang kaisar dan harta-harta berharga dikubur serta tempat dimana terracotta army berada yang baru ditemukan ditahun 1974.
Diperkirakan,kaisar ingin mempunyai pelayanan serta kedudukan yang sama seperti di masa kehidupannya untuk menjaga nya dialam baka nanti.

(wikipedia)


Sekarang kita kembali lagi ke Terracotta army :

  

   Apa itu?

 

              Seperti yang telah dijelaskan diawal,Terracotta army adalah patung yang menggambarkan sebuah pasukan kerajaan yang terbuat dari tanah liat dan terkubur bersama makam kaisar pertama Qin.
Patung ini bervariasi dalam hal tinggi,seragam,gaya rambut,dan senjata sesuai dengan pangkat dan perannya masing-masing.Ada patung yang menggambarkan pasukan militer seperti seorang petinggi kerajaan,Jenderal,pasukan bersenjata,pasukan berkuda,dan kereta perang,serta ada juga patung non militer seperti para tukang,musisi,akrobat,dan patung hewan.
Meski patung ini terbuat dari tanah liat,tapi senjata yang mereka bawa merupakan senjata asli yang terbuat dari perunggu,seperti tombak,pedang,busur dan panah,kapak,dan lain lain.
Hebatnya lagi,dari 8000 lebih patung ini,tidak ada satu pun patung yang mempunyai detail wajah yang sama termasuk patung kuda.Bahkan menurut penelitian terbaru tim arkeolog dari University College London (UCL) bekerja sama dengan ahli dari Mausoleum Site Museum Tiongkok,tidak ada satupun patung yang mempunyai detail telinga yang sama.
               
                       “Berdasarkan sampel awal ini, tentara terakota benar-benar terlihat seperti serangkaian potret prajurit  yang nyata,” ujar salah satu arkeolog, Marcos Martinon Torres. (sumber : TEKNO )

        Meskipun begitu,para peneliti telah berhasil mengidentifikasi 10 wajah dasar yang digunakan dalam pembuatan patung tersebut.
      
      Aslinya patung ini dicat dengan menggunakan warna terang dengan variasi warna,pink,merah,hijau,biru,hitam,coklat,putih dan ungu.Hal ini dimaksudkan agar patung lebih terlihat hidup dan realistis.Namun,sebagian besar dari warna-warna tersebut telah mengelupas dan benar-benar memudar.

Warna asli patung Terakota. ( wikipedia )

     Awal ditemukan

          
             Ditanggal 29 maret 1974,beberapa petani lokal menggarap lahan dan menggali sumur di sebelah timur Xi'an,provinsi Shaanxi didaerah pegunungan Li dan sekitar 1500 m dari gundukan makam Kaisar pertama.
Ketika menggali,tanpa sengaja mereka menemukan sebuah patung yang terbuat dari terakota.Saat itu mereka tidak menyadari bahwa temuan mereka merupakan salah satu dari 8000 lebih lainnya yang nantinya akan ditemukan dan merupakan penemuan benda bersejarah terbesar di abad ini.
    "Ketika menggali,salah seorang dari kami,Yang Zhifa, mengenai sesuatu di kedalaman 15 m," kata quanyi ( salah seorang petani ).
    "Awal nya kami hanya melihat bagian atas nya,tapi ketika kami menggali lebih jauh lagi dan membersihkan tanah disekitarnya,kami melihat keseluruhan kepalanya,".
    "Saat itu kami semua terlalu takut untuk menyentuh nya kecuali Zhifa.Kami melarang nya membawa patung itu dan memaksanya untuk mengubur temuan itu kembali,tapi Zhifa tidak mau mendengarkan".
    "Kami pikir itu bisa saja sebuah patung kuil,budha barang kali,".
    "Kami takut budha mungkin akan menghukum kami," kata quanyi menceritakan awal temuan mereka (sumber : www.dailymail.co.uk )


Yang Quanyi (atas),Yang Zhifa (bawah). (onlylivingboyintitirangi).

                   Temuan ini membuat para arkeolog china mulai berdatangan.Ketika mereka meneliti nya,mereka langsung menyadari bahwa patung itu berasal dari makam Kaisar pertama dan mulai menggali disekitar gundukan.Mereka benar-benar terkejut dengan apa yang mereka temukan yaitu sebuah lubang besar yang dipenuhi oleh patung terracotta.Dua tahun kemudian mereka menemukan 2 lubang lainnya dan sebuah lubang yang terlihat seperti sebuah pameran.Mereka menamakan lubang ini vault one,vault two, vault three dan The exhibition hall.Ketiga lubang ini dipenuhi dipenuhi oleh patung terakota dengan figur yang berbeda beda.

 ◾Vault one   : dengan luas sekitar 230 m x 60 m.Lubang ini di isi oleh 6000 lebih patung  yang
                      menggambarkan pasukan bersenjata dan kuda.Seluruhnya menghadap ketimur
                      dengan susunan persegi panjang.

 ◾Vault two   : luas nya sekitar 96 m x 84 m,dan berisi campuran patung terakota yang            menggambarkan para pasukan pemanah,kereta perang berkudakavaleri (pasukan berkuda)serta pasukan bersenjata  lainnya.

  ◾Vault three : lubang ini adalah lubang terkecil dengan ukuran 21 m x 17 m,tapi merupakan yang   terpenting.Hal ini dikarenakan lubang ini hanya berisi 68 patung terakota yang semuanya menggambarkan seorang petinggi kerajaan.Arti nya lubang ini mewakili post komando.


Kategori patung terakota ( sumber : china-highlights )


 ◾The exhibition hall : lubang ini terletak di dalam dan di luar tembok yang mengelilingi gundukan makam.The exhibition hall berisi patung kereta kuda yang terbuat dari perunggu,baju perang yang terbuat dari batu,situs penguburan kuda,patung terakota para penghibur seperti akrobat,strongman (orang yang menampilkan kekuatan nya disirkus),musisi,para pekerja,serta patung hewan yang juga terbuat dari perunggu seperti bangau,dan bebek serta hewan-hewan langka.
 
       


         
         Sejak penemuan pertamanya,lebih dari 8000 tentara,130 kereta,dan 670 kuda telah ditemukan.
Diperkirakan jumlah ini masih akan bertambah,karena para arkeolog berpendapat bahwa masih ada terakota yang terkubur di makam utama.Tapi mereka tidak bisa menggali nya karena ada kemungkinan terdapat jebakan disekitar makam.Hal ini berdasarkan pada temuan lapisan merkuri (air raksa) yang sangat tinggi disekitarnya.Menurut Guo Zhikun,seorang spesialis dalam sejarah dinasti Qin dan Han,lapisan ini mungkin digunakan untuk menjaga kerusakan makam dan bukan tidak mungkin juga digunakan untuk menyembunyikan busur-busur yang siap melesatkan anak panah.Di masa itu,harta juga akan ikut dikubur bersamaan dengan pemakaman seseorang.Jadi wajar saja terdapat banyak jebakan dimakam seorang kaisar untuk mencegah makam tersebut dari jarahan.Meskipun belum pasti senjata itu masih berfungsi atau tidak,para arkeolog tetap tidak bisa menyentuh makam tersebut karena hal itu hanya akan merusak makam yang telah berusia 2.200 tahun itu.

Mengapa dan bagaimana patung ini dibuat ,?

 

       Mengapa

 

                Di  www.chinahighlights.com di jelas kan ada 3 alasan mengapa terracotta army di buat.

1.Sebagai pengganti manusia asli
               Di era Shang dan Zhou (era sebelum dinasti Qin),ada aturan bahwa para petinggi kerajaan,tentara dan pelayan kerajaan lainnya harus di kubur bersama kematian rajanya.Dibuat lah pasukan terakota sebagai pengganti nya.Itu lah sebab nya mengapa patung terakota dibuat dengan sangat detil dan terlihat realistis.

2.Sebagai pasukan di alam baka
               Untuk menghadapi musuh nya di alam baka nanti,Qin Shi Huangdi yang benar-benar percaya akan hal-hal berbau takhayul ini ingin mempunyai kedudukan serta kekuatan militer yang sama seperti di masa hidup nya.Itulah sebab nya mengapa makam kaisar ini terlihat seperti sebuah kompleks kerajaan.

3.Sebagai sebuah simbol kejayaan kaisar
                Patung ini juga dibangun untuk menunjukkan kebesaran kaisar pertama yang memimpin sebuah pasukan yang berhasil menaklukkan kerajaan-kerajaan lainnya.

     Bagaimana

 

                Ketika para peneliti menyadari bahwa ada beberapa patung yang bagian tubuh lainnya tetap utuh meskipun tanpa kepala,mereka pun meneliti bagian-bagian patung secara terpisah.     
Hasilnya diketahui bahwa,kepala,lengan,kaki,tangan,torso (batang tubuh patung),serta tunik pendek (rok) di buat secara terpisah sebelum dirakit menjadi satu.
Masih bersumber dari www.chinahighlights.com ,ada 6 tahap pembuatan patung terakota yaitu :

1.Mendapatkan tanah liat yang diperlukan.
2.Membuat bagian-bagian tubuh patung secara terpisah.
3.Menyatukan bagian-bagian tersebut.
4.Mengukir nya.
       Nah,di proses ini lah para tukang menambahkan detail patung seperti,detail
        wajah,telinga,sepatu,rambut,dan lain-lain.
5.Membakarnya di tungku api.
6.Memberi warna.
           


       Setelah proses itu selesai,baru lah patung tersebut di stempel dengan nama pembuatnya.Hal ini dilakukan untuk melacak siapa yang melakukan kesalahan.Patung tersebut dibuat bersamaan dengan pembangunan makam yang membutuhkan 700.000 tukang dan baru selesai dalam waktu 40 tahun.
Yang lebih hebatnya lagi,pembuatan dasar patung terakota hanya menggunakan tangan.

Terracotta army sekarang

                 Mausoleum Qin Shi Huangdi merupakan peninggalan atau harta karun berharga bagi sejarah china dan seluruh dunia.Ditahun 1987,UNESCO menobatkan makam ini termasuk terracotta army sebagai World Cultural Heritage Site atau Situs Warisan Budaya Dunia.
Saat ini terracotta army situs ini merupakan salah satu situs terkenal dunia dan selalu ramai dikunjungi.
Ditahun 2015,Lebih dari 5 juta orang mengunjungi situs tesebut dan jumlah itu akan bertambah sebanyak 400.000 lebih pengunjung di hari nasional China (1-7 oktober).
Terracotta army juga telah di pameran kan di berbagai museum dunia seperti British Museum di London,di National Geographic Society Museum di Washington, D.C.dan di berbagai museum lainnya.


                                                       sumber : www.google.com

    Saat ini penggalian di vault two dan vault three masih berlangsung.Kita tunggu saja perkembangan terbarunya.

                  Itulah informasi mengenai patung unik Terracotta Army.Moga dapat menambah wawasan para pembaca.Mohon maaf jika ada kesalahan.

                ARZAMQUOTE :
                           

"Now,make your own history"

Baca juga : The Killer Fog of London, langit gelap di siang hari

Komentar

Recent post

Postingan Populer