Katabatic winds,si angin gugur


     Pernahkah anda mendengar atau mungkin melihat langsung fenomena alam diatas,?
        
              Kali ini arzamshare akan mencoba membahas tentang salah satu fenomena alam yang lebih umum kita kenal sebagai Katabatic Winds.  Selamat membaca.


       Kata katabatic Berasal dari bahasa yunani, katabaino yang berarti "turun atau penurunan".Angin ini juga sering disebut Fall winds atau angin gugur.
Diberbagai belahan dunia,katabatic winds dikenal dengan nama yang berbeda beda,seperti Bora atau buro didaerah laut adriatik,Böhmwind di pegunungan bijih,Santa Ana di California,dan The Oroshi di jepang,dll.

Katabatic Winds in Japan or The Oroshi


       Katabatic Winds terjadi ketika pendinginan udara diatas sebuah dataran tinggi (gunung,gletser,dan bahkan bukit) didorong oleh arus gravitasi sehingga mengalir menuruni lereng dan menyebar di bidang bawahnya.
Angin ini mengalir dari urutan  kecepatan 10 Knot (18 Km/jam) atau kurang (Meski pun begitu,ada sebagian angin kabatic yang mengalir dengan kecepatan angin topan).Biasanya,arus katabatic yang lembut akan menghasilkan Frost Hollow (Embun beku).





Suhu udara ketika menuruni lereng kadang juga dipengaruhi suhu daerah.Santa ana contohnya,suhu udara bisa (meskipun tidak selalu) menjadi hangat ketika mencapai permukaan rendah,sebalik nya di antartika,suhu udara akan tetap dingin.
Di Greymouth,New Zealand, .katabatic winds terkenal didaerah karena kedinginannya. Angin ini terjadi ketika angin tenggara bergerak kepulau selatan.Mereka menyebut nya "The Barber" (Si pemangkas rambut).

                    The Barber        (sumber gambar : disini)



Di bebeberapa daerah Antartica yang permukaan nya relatif tinggi,katabatic winds bertiup ringan dan tidak begitu parah di daerah di pegunungan ,tapi ketika angin ini terkonsentrasi didaerah lembah pantai ,kekuatan tiupan angin ini akan mencapai kekuatan badai,yaitu sekitar 190 mhp (300 km/jam) dan menyapu lapisan salju di sepanjang turunannya.


Hal ini lah yang menyebabkan terbentuk nya "Dry Valleys" atau lembah kering,seperti McMurdo Dry Valleys.

McMurdo Dry Valleys


            Itulah seputar info mengenai fenomena alam Katabatic winds.Moga dapat menambah wawasan pembaca.

               ARZAMQUOTE :
                                           
"Ia takkan pernah tahu kerinduanmu,jika kau hanya berbagi pada angin".


  referensi artikel : https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=13&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwjXnIPp5_vTAhVJLY8KHXHZB7sQFgheMAw&url=https%3A%2F%2Fen.wikipedia.org%2Fwiki%2FKatabatic_wind&usg=AFQjCNH9bjn4lLRca0l7N75kjMcnSvt3Rg&sig2=qkLY_pogVzWITl2kF9K5ig                                      

baca juga : Ian Fleming,si 007 didunia nyata

Komentar

Recent post

Postingan Populer