8 temuan bawah laut yang mengejutkan dan sangat misterius

        
     Masih banyak hal yang tidak kita ketahui dan mengerti didunia ini.Bukan hanya diangkasa tapi juga di dasar laut.Ditambah lagi dengan fakta bahwa 70% permukaan bumi diisi oleh air,maka tidaklah aneh untuk berasumsi bahwa laut masih menyimpan banyak misteri yang
menunggu untuk ditemukan.Beberapa diantara nya yang telah ditemukan adalah sebagai berikut :

 Yonaguni

      Ditemukan oleh penyelam lokal bernama kihachiro aratake di tahun 1985 ketika ia menyelami perairan disekitar pulau yonaguni di kedalaman 25 meter.Situs ini juga sering di sebut sebagai piramida bawah laut jepang karena struktur nya yang tersusun oleh undak-undakan tangga batu yang mengerucut. Tangga batu ini terlihat sangat geometris dengan tinggi yang bervariasi.Menurut Prof.Masaaki Kimura,ahli geologi jepang,Yonaguni telah berusia sekitar 5000 tahun.
 Sejak penemuan nya,asal usul yonaguni masih misterius dan telah menimbulkan kontroversi dikalangan para ahli,
Ada yang berpendapat bahwa yonaguni terbentuk secara alami dan ada yang berpendapat bahwa situs ini merupakan buatan tangan manusia.
Jika yonaguni terbentuk secara alami mengapa tidak ditemukan reruntuhan hasil erosi dan fragmen-fragmen batuan lainnya disekitar situs ini,?
dan jika ini buatan manusia,teknologi apa yang mereka gunakan di masa itu dan mengapa mereka membangunnya serta apa fungsinya,?
Terlepas dari pertanyaan yang menimbulkan kontroversi tersebut,saat ini yonaguni telah kurang diperhatikan dan tidak diketahui apakah tsunami dan gempa besar 11 maret yang melanda jepang juga berdampak pada yonaguni.


Mikroba jaman kuno

            Ditahun 2012,sejenis mikroba yang diperkirakan hidup di jaman jurassic di temukan di laut dalam.Penemuan ini cukup mengejut kan,karena mikro organisme ini merupakan mikro organisme tertua yang pernah hidup diplanet ini yang menurut para ahli,mikroba ini berasal dari makhluk di zaman 86 juta tahun yang lalu.
Benar-benar suatu misteri makhluk ini mampu bertahan hidup dengan minim nya pasokan makanan dan oksigen untuk menjaga metabolisme.

 

  Heracleion     

         Kota yang diyakini sebagai tempat terdampar nya Paris dan kekasih nya Helene of Troy ketika melarikan diri dari kejaran Melenaus ini hanya lah sebuah kota yang menjadi legenda selama berabad-abad hingga akhirnya ditemukan pada tahun 2000 bersamaan dengan gambaran kekayaan di masa itu seperti koin emas,patung,puluhan kapal lempeng batu yang bertuliskan bahasa Yunani dan Mesir,dll.Kota ini ditemukan oleh tim peneliti Pusat Arkeologi Universitas Oxford dibawah perairan Mesir . 
Di ceritakan bahwa dulunya,kota yang berada di mulut Delta sungai Nil ini  merupakan kota dengan kekayaan yang luar biasa serta merupakan kota dengan pelabuhan yang sangat maju di zamannya dan menjadi jantung rute perdagangan utama dari Yunani ke Mediterania di Mesir sebelum akhir nya tiba-tiba menghilang atau lebih tepat nya tenggelam 1200 tahun yang lalu.
Hingga saat ini belum diketahui secara pasti bencana alam seperti dan sebesar apa yang mampu menenggelamkan kota megah ini karena seiring waktu catatan tentang keberadaan kota ini juga ikut menghilang.


 Komputer kuno

             Menurut penelitian yang tertulis pada archive for History of Exact Science,perangkat yang ditemukan oleh  dalam sebuah bangkai kapal Romawi di lepas pantai kepulauan Antikiythera,Yunani ini merupakan sebuah perangkat yang bernama The Antikythera mechanism.
Perangkat ini diyakini berfungsi sebagai kalkulator astronomi Yunani kuno yang diperkirakan telah ada sejak 100-150 SM.
Prof. Dr James Evans dari University of Puget Sound dan Prof. Christian Carman dari University of Quilmes mempelajari mekanisme ini dan mencoba menghitungnya dengan menggunakan sistem aritmatika Babilonia (aritmatika yang menempatkan angka 60 sebagai nilai tertinggi,setara dengan angka 10 dalam teori matematika pada umumnya).Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa orang-orang Yunani kuno mampu menghitung fase bulan,matahari,posisi planet,memprediksi terjadinya gerhana,serta fenomena astronomi lainnya.
Sayangnya para peneliti tidak menemukan bukti otentik mengenai bagaimana dan siapa yang mampu membuat mesin yang kompleks dimasa itu.

Cumi-cumi raksasa

 Temuan yang satu ini seolah membuat kita berpikir kembali apakah kraken hanyalah makhluk mitologi atau memang benar-benar ada.
Sejak ditemukan pertama kali di perairan jepang pada tahun 2004,para peneliti pun merekam kehidupan cumi-cumi lainnya di lokasi yang sama,dan ternyata jauh didalam laut sana masih banyak terdapat cumi-cumi yang berukuran raksasa.Beberapa diantara nya berukuran sekitar 7-8 meter.
Meskipun kemungkinan cumi-cumi itu menyerang kapal dan manusia itu kecil,tetap saja kita harus tetap waspada karena masih ada satu misteri yang belum bisa dijawab oleh peneliti tentang makhluk ini.Yaitu tidak diketahui seberapa besar makhluk ini bisa tumbuh.

Stonehenge di dasar danau michigan ?

   
        Pada tahun 2007,seorang profesor arkeologi bawah laut Northwestern Michigan University College Prof.Mark Holley bersama dengan rekan nya Matt abbot secara tidak sengaja menemukan susunan batu yang unik ketika mereka meneliti beberapa bangkai kapal didasar danau Michigan.Beberapa diantara nya disusun membentuk lingkaran dan salah satu nya memiliki ukiran seekor Mastodon (mamalia bergading besar dari Genus Mammut).
Namun peneliti belum bisa memastikan apakah lingkaran batu yang tersusun rapi ini benar-benar formasi batu stonehenge atau hanya susunan batu yang terjadi secara acak,karena sulitnya bagi para ahli arkeolog untuk melihat secara langsung formasi batu ini di dasar danau.
Meskipun begitu,mereka meyakini batu yang berukiran mastadon itu setidak nya telah berumur sekitar 10.000 tahun sesuai dengan perkiraan keberadaan Mastadon di bumi.

Piring terbang

       Lingkaran misterius yang yang berdiameter 60 meter ini ditemukan dilaut Baltic oleh para tim penyelam Swedia.Temuan ini benar -benar menggemparkan karena telah menimbulkan kontroversi dan berbagai spekulasi tentang apa sebenarnya benda itu,seperti meteorid,pesawat,batu biasa,gunung bawah laut,atau pun kapal selam.Seorang seniman dari Jerman bernama Hauke Vagt,mencoba membuat gambar ilustrasi objek ini yang malah melahirkan dugaan baru sehingga ada yang berpendapat bahwa tim penyelam tersebut telah menemukan sebuah objek asing meskipun mereka tidak yakin untuk menyebut benda ini sebuah UFO(Unidentified Flying Object) atau USO(Unidentified Submerged Object).

 Ragam Spekulasi tersebut disebabkan oleh sulit nya mendapat kan gambar yang jelas pada objek tersebut.
   Baru-baru ini,sebuah tim yang terdiri dari para ahli kelautan,insinyur,dan penyelam professional yang dilengkapi dengan robot dan peralatan sonar dibentuk untuk mengeksplorasi laut Baltic.Hasil dari penelitian ini dianggap sebagai kandidat jawaban terbaik untuk misteri ini.Mereka meyakini bahwa objek ini merupakan sebuah perangkat dari senjata anti-kapal selam milik Nazi di era perang dunia II.Hal ini ditegaskan oleh fakta bahwa semua peralatan elektronik dan telepon satelit yang dibawa oleh para penyelam mendadak mati dalam radius 200 meter dari objek ini,ditambah lagi objek tersebut terletak tepat dibawah rute pelayaran.
    Para penyelam swedia yang telah menemukan objek ini harus nya merasa bangga,karena terlepas dari pertanyaan apa sebenarnya objek ini,setidak nya tidak diragukan lagi mereka telah menemukan sesuatu yang sangat-sangat unik.




   
Bonus : Masih ada satu misteri didalam postingan kali ini,bisakah anda menemukannya?



           Nah,itulah temuan bahwa laut misterius yang telah ditemukan.Tahukah anda bahwa temuan diatas ditemukan hanyalah dari 5% perairan yang baru dijelajahi manusia?
arti nya  masih ada 65% bagian dari perairan dimuka bumi yang belum dijelajahi manusia.
Jadi apa anda benar-benar yakin bahwa putri duyung itu tidak ada?


baca juga :  Victor Lustig,Penipu ulung yang berhasil menjual menara eiffel sebanyak dua kali.  

Komentar

Recent post

Postingan Populer